Susahnya anak belajar

18 Aug 2009

Saat ini untuk membuat anak-anak belajar sangat banyak hambatannya. Dibandingkan saat kita dulu masih sekolah, gangguan yang ada pada saat itu relatif masih sedikit. Tinggal masing-masing individu mau belajar atau tidak. Tapi pada saat ini mau menyuruh anak belajar harus berperang dulu dengan anak. Dan anak-anak sekarang banyak sekali alasannya untuk tidak mau belajar. Ngantuk lah, lelah, lapar atau seabrek alasan yang diutarakan oleh anak-anak kita.

Hal ini masih diperparah oleh lingkungan sekitar kita yang mendukung anak ke arah itu. Ya hal ini juga tergantung pada kita sebagai orang tua untuk dapat menyikapinya. Tapi sekali lagi gangguan dari sekitar saat ini masih dominan, terutama pada makluk yang namanya televisi. Dapat dikatakan televisi saat ini bagai pisau bermata dua, di satu sisi sebagai sarana hiburan dan informasi, tapi di lain pihak banyak acara televisi yang rentan mempengaruhi perkembangan anak.

Parahnya lagi acara-acara yang disenangi anak-anak tersebut ditayangkan pada saat jam belajar anak, yaitu setelah petang menjelang sampai malam hari, dimana sinetron anak-anak digelar pada jam-jam tersebut. Pendampingan orang tua memang harus dan wajib dilakukan kalau kita ingin anak kita tidak terkontaminasi dengan adegan-adegan dan cerita-cerita ngawur yang ditampilkan. Disana ditampilkan adegan kekerasan oleh dan kepada anak-anak, jagoan yang saling ejek dengan temannya, cerita-cerita mistik, pemain bola plus-plus (jadi jagoan silat yang sangat digdaya) dan hal-hal yang yang tidak masuk di akal. Dan jangan heran kalau anak-anak kita akan mendapatkan kosa kata yang tidak kita ajarkan, karena mereka mendapatkan kata-kata tersebut dari tayangan tersebut.

Maka pendampingan dari orang tua sekali lagi harus kita lakukan. Kalau masih memungkinkan matika televisi adalah jalan yang bijak. Dan kepada pihak stasiun televisi kami mohon dukungannya untuk tidak menyiarkan acara-acara sinetron anak pada saat jam belajar. Pada jam-jam tersebut hendaknya disiarkan acara berita atau acara pendidikan. Jangan acara pendidikan ditayangkan pada pagi hari, anak-anak kan pada sekolah. Maju Indonesia !!


TAGS


-

Author

Follow Me

Search

Recent Post